575 Varian Baru Koobface Sepanjang Tahun 2009

575 varian baru Koobface selama tahun 2009.
Koobface adalah worm yang menyerang account Facebook dan MySpace, yang muncul setahun yang lalu. Sepanjang bulan Juni kemarin,Perusahaan antivirus Kaspersky Lab melaporkan adanya kenaikan serangan Koobface.

Koobface dapat menyebar melalui user account seperti facebook ke profile teman-teman anda yang ada di daftar teman. Isi pesan yang dikirimkan oleh worm tersebut berisi link ke website palsu YouTube.Pengguna situs jejaring sosial tersebut kemudian dibawa untuk mengujungi Website palsu itu dan mengharuskan pengguna yang tertipu untuk download “versi terbaru dari Flash Player” agar bisa memutar video. Akan tetapi, bukan Flash Player yang didownload pengguna, melainkan sebuah worm. Teknik ini hampir sama seperti penyebaran virus jacko yang mengalihkan pengguna ke website palsu. Koobface sekarang ini menargetkan lebih banyak website jejaring sosial, seperti Facebook, MySpace, Hi5, Bebo, Tagged, Netlog, dan Twitter.

Saat ini sudah beredar sekitar 575 varian baru Koobface, dan angka ini cenderung meningkat seiring makin populernya situs jejaring sosial (social network) seperti facebook, Myspace dll.Agar aman dari ancaman Koobface, Kaspersky Lab memberikan tips kepada pengguna situs jejaring sebagai berikut:

1. Berhati-hatilah ketika membuka link mencurigakan, meskipun pengirimnya adalah salah satu teman terpercaya anda di Facebook.

2. Jika Menggunakan Internet Explorer 7 aktifkan running in protected mode atau Firefox dengan NoScript diinstal.

3. Memberikan informasi pribadi sedikit mungkin jangan berlebihan dan jangan memberikan alamat rumah anda, nomor telepon atau informasi pribadi lainnya.

4. Tetap mengupdate software antivirus untuk mencegah varian varian terbaru dari malware atau virus yang ingin menyerang komputer anda.

Jadi berhati hatilah bermain main di facebook, semoga membantu.


2 komentar:

nyegik said...

salam kenal ya....wakh ini merupakan semua varian yang kumplit sekali...makasih atas sharenya ya

Adedosol said...

@nyegik salam kenal jg, mksh sdh mampir

Post a Comment

Silahkan memberi komentar, saran, kritik atau masukan tentang artikel atau blog ini
Do not insert a link on comment box or you will be considered a spammer

 
Seo marketing © 2010 | Designed by Chica Blogger | Back to top