Upload File Ke Hosting Dengan Software FTP

Saat membuat blog di blogspot atau di wordpress.com, anda tidak akan dipusingkan dengan urusan upload file atau artikel ke dalam blog karena sudah tersedia dasbor. Tapi bagaimana dengan website ketika memasukkan file kedalam hostingnya?. Untuk mengupload file ke dalam hosting, website atau blog wordpress selfhosting biasa memakai file manager didalam control panel atau memakai software FTP. Untuk blog Wp, FTP biasanya dipakai untuk mengupdate versi jika gagal update versi dari dasbor Wp.

Jika file yang akan diupload ukuran dan jumlahnya sedikit masih bisa memakai file manager yang berada didalam control panel. Namun jika file yang mau diupload besar dan jumlahnya banyak, sebaiknya menggunakan Software FTP sebagai "pintu masuk" untuk mentransfer file ke dalam hosting. Anda bisa memanfaatkan Software FTP seperti CuteFTP, SmartFTP atau FileZilla untuk mengupload file.

Sebenarnya masih banyak lagi software FTP, namun saya memilih memakai FileZilla karena lebih mudah dan memiliki fitur yang bagus. Software ini cepat saat mengupload file walaupun sebenarnya masalah kecepatan upload semua tergantung koneksi internet dan kondisi server hosting yang kita pakai. Software ini juga bisa untuk mengupload file ke hosting gratis seperti hosting di zymic dan free-web-host.

Bagi yang ingin memakai fileZilla silahkan download softwarenya melalui link ini:


FileZilla versi 2.2.32

Setelah download program lalu install, berikut caranya:

1. Install program ke komputer

2. Setelah installasi selesai, jalankan programnya

3. Pada Toolbar, masukkan alamat website/server, user, password sesuai petunjuk penyedia hosting, untuk port biasanya port 21. Lalu klik "Quickconnect"

4. Setelah terhubung dengan server hosting, direktori file web ditampilkan disebelah kanan dan sebelah kiri adalah direktori lokal di komputer.

5. Sebelah kanan pilih folder tempat menyimpan file yang akan diupload.

6. Lalu disebelah kiri pada lokal site, pilih file yang akan diupload dari komputer keserver.

7. Klik kanan pada file lalu pilih upload, biarkan proses upload sampai selesai.

8. Anda bisa mengupload beberapa file atau folder sekaligus dengan cara seleksi atau pilih beberapa file/folder lalu klik kanan dan upload atau sebaliknya mendownload file dari hosting anda.

Jika internet anda menggunakan proxy jangan lupa untuk mengisikan proxy pada menu Edit->setting, pada connection pilih Proxy setting dan isikan proxy dan port anda lalu klik OK.



Untuk adress, user dan password pada toolbar jika anda kurang tahu, biasanya bisa di lihat pada wizard, atau FAQ di hosting tempat anda menyimpan file.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.


8 komentar:

Eri Ricaldo said...

Nice info.. sangat membantu

IHSAN said...

hik hik hik

saya masih ga' tahu yang kaya gini

soalnya pakai blogspot sih

Materi Kuliah said...

saya pernah pengalaman di webhost, mau upload...bingung nentuin paswordnya, pake yg pasword webhost kita, atau pass yg laen..? saya coba webhost pass, ga bisa2... ada solusinya...?

adedosol said...

@Materi kul, Password biasa diberikan oleh penyedia hosting tempat anda mendaftar, coba tanyakan ke supportnya, krn sy blum pernah pake webhost. klo dihosting sy password bs dilihat di Control panel hosting, mksh

Bang Zuki said...

Pakai filezilla sering diskonek, sekarang aku pakai coffeecup ftp. sukses.

Adedosol said...

Wah trima ksh infonya bng Zuki, nanti sy googling cari softwarenya dulu..sukses jg salam kenal

iskandar said...

om di terapin di blogspot bisa ga yah ?

Adedosol said...

@Iskandar
Untuk blogspot ga bs mas, ini hanya berlaku untuk blog dg hosting sendiri.

Post a Comment

Silahkan memberi komentar, saran, kritik atau masukan tentang artikel atau blog ini
Do not insert a link on comment box or you will be considered a spammer

 
Seo marketing © 2010 | Designed by Chica Blogger | Back to top