Mencicipi Windows Gratis Dari ReactOS

Mencicipi Windows Gratis Dari ReactOS.
"ReactOS is a free, modern operating system based on the design of Windows XP/2003. Written completely from scratch, it aims to follow the Windows architecture designed by Microsoft from the hardware level right through to the application level. This is not a Linux based system, and shares none of the unix architecture.

The main goal of the ReactOS project is to provide an operating system which is binary compatible with Windows. This will allow your Windows applications and drivers to run as they would on your Windows system. Additionally, the look and feel of the Windows operating system is used, such that people accustomed to the familiar user interface of Windows® would find using ReactOS straightforward. The ultimate goal of ReactOS is to allow you to remove Windows® and install ReactOS without the end user noticing the change."

Begitu yang saya baca dari website resminya ReactOS yang artinya kurang lebih demikian :

"ReactOS adalah gratis, sistem operasi modern berdasarkan desain Windows XP/2003. Ditulis sepenuhnya dari awal, yang bertujuan untuk mengikuti arsitektur Windows yang dirancang oleh Microsoft dari tingkat hardware hingga ke tingkat software/aplikasi. Ini bukan merupakan sistem berbasis Linux, dan tidak ada arsitektur unix.

Tujuan utama dari proyek ReactOS adalah menyediakan sistem operasi yang kompatibel dengan binari Windows.Hal ini akan mengijinkan aplikasi Windows dan driver anda berjalan seperti layaknya pada sistem Windows anda. Selain itu, tampilan dan nuansa dari sistem operasi Windows sudah digunakan, sehingga yang sudah akrab dengan antarmuka pengguna Windows akan mudah menggunakan ReactOS. The ultimate tujuan ReactOS adalah untuk memungkinkan anda untuk menghapus Windows dan menginstal ReactOS tanpa perlu perubahan."

ReactOS ini adalah proyek open source yang terus dikembangkan agar lebih kompetibel dengan perangkat yang didukung Windows.Anda bisa menginstal ReactOS layaknya menginstal Windows.Karena ReactOS dibangun dengan menggunakan kernell yang mendukung Windows NT Jadi dapat diinstall dengan meggunakan file system FAT16/FAT32 tetapi belum mendukung NTFS.Berikut ini spesifikasi yang PC diperlukan untuk menginstal ReactOS:

1. RAM minimal 32MB, disarankan 72MB keatas.
2. Harddisk IDE (Belum mendukung SATA).
3. FAT16/32 pada partisi pertam dari harddisk.
4. VGA compatible (VESA version BIOS v2.0 keatas).
5. Standard Keyboard dan Mouse.
6. bila mau pake LAN disarankan memakai kartu LAN yang sudah berhasil jalan yaitu:
* NE2000 clones (Such as Realtek 8139)
* AMD PCnet32 LANCE atau kartu LAN lain yang kompetibel.

ReactOS ini masih terus disempurnakan agar dapat menyamai system operasi Windows,setidaknya mendekati.Jika anda berminat bisa bergabung diforum mau pengembang untuk ikut mengembangkan OS ini.Walaupun disarankan belum untuk pemakaian sehari-hari,tapi tidak ada salahnya jika mencoba sendiri merasakan bagaimana sih rasanya Windows gratis yang bernama ReactOS.Penasaran?, anda bisa download file iso ReactOS disitus


Ada untuk instalasi CD, Live CD jika anda ingin menjalankan langsung dari cdroom tanpa menginstall ReactOS,ada untuk dijalankan Virtual mesin seperti Qemu dan Vmware.berikut tampilan desktop ReactOS:




5 komentar:

kifni said...

wah semoga terus berkembang...
Hidup Opensource,,,,
he..he...
ga enak juga klo pake bajakan mulu..
pengen yang legal tapi gratis...
he..he..

adedosol said...

@kifni,emang bnr kif ga enak klo make bajakan mulu.malukan mending pake yang legal tapi bagus.thanks komenntarnya.

DDN said...

cara installnya gmn yah bang

adedosol said...

@DDN, sayang sekali saya tdk berhasil install reactos krn saya pake hardisk sata,,

saya baru mencoba pake emulator semacam Qemu dan reactos berjalan mulus,

atau sobat bisa mencoba pake Mobalivecd untuk menjalankan file iso reactos, lihat di Emulator Windows dan Linux,mksh kunjungannya

zuLiG said...

gimana nih perkembangannya ?

Post a Comment

Silahkan memberi komentar, saran, kritik atau masukan tentang artikel atau blog ini
Do not insert a link on comment box or you will be considered a spammer

 
Seo marketing © 2010 | Designed by Chica Blogger | Back to top