Menambah Satu kolom dibawah sidebar

Menambah Satu kolom dibawah Dua Kolom sidebar.
Template blog tiga kolom (3 coloum) banyak digunakan sobat blogger karena lebih bagus tampilannya dan bisa memasang banyak gadget (Widget) sekaligus,Tentu ini lebih muat banyak konten seperti widget sekaligus dari pada memakai template 2 kolom. Template 3 kolom biasanya tampilannya lebih lebar (pas di layar) dengan susunan kiri kolom posting, kanan sidebar 1 kolom dan bawah sidebar 2 kolom, berikut ini contoh tampilan atau layout template 3 kolom sebagai berikut:


Entah karena ingin menjadikan tampilan blognya berbeda atau karena ingin memasang banyak gadget(widget), kadang sobat ingin menambahkan 1 kolom di bawah 2 kolom sidebar untuk memasang widget seperti widget shoutmix, follower, dll agar lebih lebar hasilnya. Lalu bagaimana membuat 1 kolom lagi dibawah 2 kolom sidebar?coba lihat gambar berikut ini setelah ditambah 1 kolom dibawah sidebar :

Mau tau cara nambahin 1 kolom lagi, silahkan ikuti langkah berikut:

*Sebelumnya, pastikan dulu kalo template blognya adalah 3 kolom seperti gambar pertama:



1. Login ke blogger

2. Setelah masuk dasbor klik "Tata Letak"
3. Pilih "Edit HTML" , lalu download dulu template lama dan simpan dikomputer
4. Centang "Expand Template Widget"
5. Cari kode ]]></b:skin> lalu paste kode dibawah ini persis diatas kode ]]></b:skin> tadi

/*-- (Sidebar) --*/
#sidebar-right{float:right; width:405px; height:100%; min-height:100%; padding:0px} #sidebar-right .widget{padding:2px; margin-bottom:0px; border:1px; background-color:#fff}
6. Setelah itu, cari kode berikut:

</div>
<!-- end sidebar wrapper -->
<div style='clear: both;'/>
</div><!-- end contentwrapper -->


*Mungkin ditemplate lain berbeda namanya tapi intinya sama, yaitu akhir dari sidebar (end sidebar wrapper) , Sobat bisa cari kode yang mirip dengan kode tersebut.
Setelah ketemu, copy paste kode berikut ini persis diatas kode warna biru tadi :

<div id='sidebar-right'>
<b:section class='sidebar' id='sidebar22' preferred='yes'/>
</div>
7. Sehingga menjadi seperti ini:

<div id='sidebar-right'>
<b:section class='sidebar' id='sidebar22' preferred='yes'/>
</div>

</div>
<!-- end sidebar wrapper -->
<div style='clear: both;'/>
</div><!-- end contentwrapper -->

8. Terakhir simpan, dan lihat perubahan "Tata Letak" atau Layout template.Hasilnya seperti gambar ini setelah ditambahkan Shoutmix lebar di bawah sidebar:
Selamat mencoba , kalau ada pertanyaan silahkan berkomentar,


16 komentar:

Pesantren OnLine said...

informasi yg sangat menarik sekali, trim's :-)

Siais said...

oke langsung mau coba nieh...

Mackieca said...

di template aku ga ada tag end sidebarnya om gimana donk , , jadi bingung ngeletakinnya dimana?
jadi tagnya langsung end contentwrapper ,,, ga ada end sidebar dlo ..

terimakasih

Adedosol said...

@Mackieca, Tiap template mmng beda, cari aja kode yang mirip.tp klo template anda 2 kolom ya ga perlu nambahin 1 kolom lg, kan tinggal pake yg sdh ada..thanks ya

Anthony Harman said...

Bagus bro. Saya lagi butuh totorial ini

heri said...

ga perlu kemana mana lagi ya, kesini dah ada semua

caBee said...

waaah mantep dah c om ini,,,, keren om

kang dede said...

kalau asalnya dari layout 2 kolom bisa nggak?

Adedosol said...

@kang dede, mungkin maksud anda menambahkan 2 kolom lagi ya? silahkan baca artikel Menambah 2 Kolom sidebar pada Template 2 Kolom.mksh

Anonymous said...

sob, kalo paling atas 1 kolom besar, trus bawah 2 sidebar kanan kiri, kalo tambah 1 kolom besar dibawah 2 kolom kanan kiri tadi gimana di blogspot...? aku pake template revolution nih... aku udah pernah coba tapi gagal... >.< sekalian blogwalking...^^

adedosol said...

@Anonymous, coba cara diatas mas, btw ko ga pake nama, jd susah kunjungan balik mksh dah mampir

daerahku daerah Gambut said...

makasih banyak infonya mas

yungky said...

manteb gan .. infonya .. thx banget yah ..
maen-maen dong ke blog saya .. hihi

U-Tama said...

terimakasih om. akhirnya ketemu juga caranya

Echa said...

oko dah..^^

dzul said...

mas kenapa yah ko widget ya ada di atas sidebar bukan di bawah? mohon bantuannya!!!!!

Post a Comment

Silahkan memberi komentar, saran, kritik atau masukan tentang artikel atau blog ini
Do not insert a link on comment box or you will be considered a spammer

 
Seo marketing © 2010 | Designed by Chica Blogger | Back to top