Test Template Baru diBeberapa Browser Sekaligus


Template atau theme memang bukan yang utama, masih ada yang lebih penting seperti artikel blog. Tapi template bisa jadi sangat penting bila anda termasuk yang perduli dengan tampilan blog. Template menjadi antarmuka (interface) antara pemilik dan pengunjung blog. Template tidak harus bagus yang penting ringan saat diloading dan tidak memberatkan pengunjung ketika ingin membuka halaman yang mereka inginkan.

Jika anda tertarik pada satu template tertentu dan ingin segera menggantinya, cobalah untuk menguji template tersebut kedalam blog percobaan. Setelah itu test blog dengan membukanya dibeberapa browser seperti Internet explorer, Mozilla firefox, Chrome, dan Opera. Test apakah template bisa diloading sempurna disemua browser yang biasa dipakai pengguna internet.



Beberapa template kurang sempurna bahkan gagal diloading di browser seperti internet explorer. Meskipun banyak pengunaan internet lebih memilih memakai firefox, tapi IE masih menduduki peringkat kedua setelah firefox. Itu artinya masih banyak orang yang menggunakan IE apalagi browser ini adalah bawaan system operasi Windows. Jadi pastikan blog anda bisa diloading sempurna di Internet explorer.

Saya termasuk yang jarang pakai IE, saking jarangnya dulu saya gak pernah buka blog saya dengan IE. Saya biasa menggunakan Firefox dan google Chrome sampai akhirnya ada teman saya yang biasa pakai IE melaporkan kalau dia gagal membuka blog saya dengan IE dan setelah saya cek memang benar bgt, blog saya dulu tidak bisa dibuka dengan IE. Parahnya saya baru nyadar itupun setelah ada yang kasih tau, mungkin selama ini banyak pengunjung yang tidak jadi masuk karena gagal mengunjungi blog saya(Pantes aja dulu blog saya sepi hehe, skrg tambah sepi lagi :D).

Tapi bener lho sob ini pengalaman saya, terutama yang pakai platform blogspot karena lebih gampang di"obok-obok". Kalau gak salah dulu pakai template "ads theme blogger", yang kelihatan keren bgt tapi dulu sering gagal dibuka di IE (yang keluar hanya huruf2 simbol) kalaupun bisa dibuka letak sidebar yang tidak beraturan dan bukan berada disamping tapi dibawah posting.

Tips lainnya kurangi script dan flash agar loading tidak kelamaan, karena bisa berakibat fatal kalau blog anda berat saat loading, bisa jadi pengunjung langsung "close" dan bye bye pada blog anda. Semoga bermanfaat sampai jumpa diartikel berikutnya.


7 komentar:

Abi said...

Bener banget IE memang menduduki urutan ke 2 sebagai browser yg digunakan, karena dia buatan Microsoft dan OS yg paling banyak digunakan adalah Windows dan lagi tidak semua pengguna internet adalah blogger yg sudah beralih ke Firefox jadi kemungkinan besar mereka tetap menggunakan IE saat berselancar cari informasi dan jika Blog kita hancur lebur tampilannya di IE tentu mereka akan cepet mabur imbasnya kehilangan visitor. Dulu saya sering alami hal ini dan kasusnya sama temen2 yg masih pake IE kasih tahu kalau blog saya tampil brantakan, setelah itu tiap edit template dan theme WP saya gunakan IE atau Opera karena kalau hasilnya bagus di salah satu dari browser ini maka di Firefox pasti oke.

nyegik said...

Mendingan bertandang aja ah, gak ngerti sih.. sumpah

moh karis said...

good sharing kawan,.... sangat penting banget bagi desainer blog pemula kayak saya.

narti said...

hehe..termasuk yg gk pernah ngetes pakai browser lain nih. wah wah...ternyata perlu juga ya.
makasih sharingnya.

adedosol said...

Yup bnr bgt Bi, walau IE terkesan ktinggalan jaman tp ttp hrs diperhatikan krn msh bnyk pemakainya dan IE pasti ada disemua Windows

pascal said...

kalo menguji di beberapa os gimana sob? misal di linux dll

adedosol said...

@Pascal, coba gunakan addon IE untuk firefox yg mmungkinkan membuka web lewat IE dari firefox

Post a Comment

Silahkan memberi komentar, saran, kritik atau masukan tentang artikel atau blog ini
Do not insert a link on comment box or you will be considered a spammer

 
Seo marketing © 2010 | Designed by Chica Blogger | Back to top