Menggunakan Subdomain Sebagai Alamat Blog

Gunakan subdomain sebagai alamat blog - Anda yang sudah punya domain sendiri mungkin ingin menambah atau membuat blog baru sebagai blog pendukung atau blog dengan tema lain. Selain menggunakan domain sendiri dan domain gratis seperti blogspot, alamat blog juga bisa memakai subdomain dari domain utama. Tentu ini lebih hemat dari pada anda harus membeli domain baru lagi.

Subdomain dapat digunakan sebagai nama blog. Anda membutuhkan sekurang-kurangnya 1 domain utama dan beberapa setting. Dengan 1 domain utama anda bisa membuat bererapa subdomain sekaligus. Sebagai contoh domain utama anda www.domainkamu.com, lalu anda ingin membuat blog tentang ebook, Hp, blog, kuliner, SEO dll. Maka anda bisa menggunakan subdomain misalnya seperti ini:
  • ebook.domainkamu.com
    hp.domainkamu.com
    blog.domainkamu.com
    kuliner.domainkamu.com
    seo.domainkamu.com

Perhatikan bahwa domain anda masih ada hanya ditambahkan subdomain saja dan subdomain ini bisa berdiri sendiri. Artinya blog dengan subdomain bisa saja tidak terikat atau tidak ada hubungan sama sekali(terpisah) dari domain utama.

Untuk langkah-langkah membuat subdomain dan settingnya sebenarnya sama aja ketika anda custom domain blogspot dengan domain sendiri. Anda hanya menambahkan CNAME Records pada control panel domain. Tambahkan subdomain yang anda inginkan tanpa www pada Name records misal ebook, hp, blog, kuliner, seo atau apapun nama subdomain yang anda inginkan.

Langkah selanjutnya masukkan ghs.google.com pada value lalu tambahkan record. Setelah itu setting domain di dasbor blogger pada pengaturan custom domain untuk lengkapnya silahkan baca Mudahnya Custom Domain Blogspot dengan Domain Sendiri. Contoh subdomain yang saya buat di buku.adethea.com.

Mudahkan? Sekarang anda bisa membuat subdomain apapun yang anda mau untuk blog anda terutama di blogspot. Kenapa tidak menggunakan subdomain untuk alamat blog sebelum anda memutuskan untuk membeli domain baru. Semoga bermanfaat dan selamat ngeblog ria.


7 komentar:

Eri Ricaldo said...

Kalo di WP bisa juga gak mas?

adedosol said...

Pasti bisa dong mas Eri, Tambahkan subdomain di kontrol panel hosting anda setelah itu install script wpnya di subdomain yg anda buat.kalo di Wp subdomain ditambahkan dari control panel hosting karena memiliki hosting sendiri, berbeda jika anda memakai blogspot sbagai hostingnya yg harus dari control panel domain. mksh ya

Qori said...

jadi pengen punyai domain sendiri untuk blog komunitas http://kontra24.blogspot.com
sayang dananya tak mencukupi dan juga belum menghasilkan uang sepersen pun.

Reza Fauzi said...

saya juga pake subdomain banyak banget nih

Yono Komputer said...

Pass banget dengan apa yang aku cari

Kang Wahid said...

Mau tanya mas,, kalau untuk segi SEO subdomain bisa mempengaruhi nggak ya..? thankx

Kang satria said...

gan, apakah tarfik di sub domain akan mempengaruhi domain utama kita? mohon bantuannya ^_^

Post a Comment

Silahkan memberi komentar, saran, kritik atau masukan tentang artikel atau blog ini
Do not insert a link on comment box or you will be considered a spammer

 
Seo marketing © 2010 | Designed by Chica Blogger | Back to top