Marhaban Bulan Ramadhan- Selamat Berpuasa

Sungguh beruntung hamba2 yang ikhlas berpuasa dan beramal dibulan Ramadhan, karena pahala ibadah dan amal dibulan Ramadhan akan dilipat gandakan beberapa derajat.

Bulan Ramadhan menjadi tolak ukur seberapa kualitas ibadah kita kepada Allah. Emosi, dengki, sombong, dan riya adalah sebagian dari hawa nafsu yang harus diredam dibulan ramadhan.Agar puasa dan ibadah kita menjadi rahmat dan karunia yang tiada taranya, apalagi kalau bisa meraih Lailatul Qadar malam seribu bulan sungguh beruntung mendapatkannya.

Ya Allah bersihkan hati ini dari sifat dengki, sombong, riya dan hawa nafsu lainnya yang bisa membatalkan puasa kami, Ampuni dosa kami, dan ijinkan hambuMU menikmati indahnya bulan Ramadhan selama sebulan penuh. Agar kami menjadi orang2 yang engkau kasihi dan tetap dalam hidayahMU.

Bulan Ramadhan memiliki beberapa keutamaan yang tidak dimiliki bulan bulan lain diantaranya sbb:

-Bulan diturunkannya AlQur'an
  • Allah menurunkan kitab-Nya yang mulia sebagai petunjuk bagi manusia, obat bagi kaum mukminin, membimbing kepada yang lebih lurus, menjelaskan jalan petunjuk. (Al-Qur'an) diturunkan pada malam Lailatul Qadar, suatu malam di bulan Ramadhan. Allah berfirman.

    "Artinya : (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya, dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur" [Al-Baqarah : 185]
-Dibukanya pintu Syurga, Ditutupnya pintu Neraka dan Dibelenggunya Syaithan
  • Pada bulan ini kejelekan menjadi sedikit, karena dibelenggu dan diikatnya jin-jin jahat dengan rantai, belenggu dan ashfad. Mereka tidak bisa bebas merusak manusia sebagaimana bebasnya di bulan yang lain, karena kaum muslimin sibuk dengan puasa hingga hancurlah syahwat, dan juga karena bacaan Al-Qur'an serta seluruh ibadah yang mengatur dan mebersihkan jiwa. Allah berfirman.

    "Artinya : Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa" [Al-Baqarah : 183].

    Maka dari itu ditutupnya pintu-pintu jahannam dan dibukanya pintu-pintu surga, (disebabkan) karena (pada bulan itu) amal-amal shaleh banyak dilakukan dan ucapan-ucapan yang baik berlimpah ruah (yakni ucapan-ucapan yang mengandung kebaikan banyak dilafadzkan oleh kaum mukminin)

    Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.
    "Artinya : Jika datang bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga [dalam riwayat Muslim : 'Dibukalah pintu-pintu rahmat"] dan ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu syetan".Hadits Riwayat Bukhari 4/97 dan Muslim 1079

    Semuanya itu sempurna di awal bulan Ramadhan yang diberkahi, berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam .

    "Artinya : Jika telah datang awal malam bulan Ramadhan, diikatlah para syetan dan jin-jin yang jahat, ditutup pintu-pintu neraka, tidak ada satu pintu-pintu yang dibuka dan dibukalah pintu-pintu surga, tidak ada satu pintu-pun yang tertutup, berseru seorang penyeru ; "Wahai orang yang ingin kebaikan lakukanlah, wahai orang yang ingin kejelekan kurangilah. Dan bagi Allah mempunyai orang-orang yang dibebaskan dari neraka, itu terjadi pada setiap malam". Diriwayatkan oleh Tirmidzi 682 dan Ibnu Khuzaimah 3/188 dari jalan Abi Bakar bin Ayyasy dari Al-A'masy dari Abu Hurairah.
-Malam Lailatul Qadar
  • Allah memilih bulan Ramadhan karena diturunkan padanya Al-Qur'an, dan hari yang paling mulia di sisi Allah adalah pada bulan diturunkannya Al-Qur'an hingga harus dikhususkan dengan berbagai macam amalan.

    Keutamaannya sangat besar, karena malam ini menyaksikan turunnya Al-Qur'an Al-Karim, yang membimbing orang-orang yang berpegang dengannya ke jalan kemuliaan dan mengangkatnya ke derajat yang mulia dan abadi. Umat Islam yang mengikuti sunnah Rasulnya tidak memasang tanda-tanda tertentu dan tidak pula menancapkan anak-anak panah untuk memperingati malam ini, akan tetapi mereka berloma-lomba untuk bangun di malam harinya dengan penuh iman dan mengharap pahala dari Allah.
Sebagai penutup saya ingin mohon maaf bila ada salah kata, dan saya ucapkan "Selamat menjalankan ibadah puasa", Wassalamu'alaikum.


5 komentar:

wi3nd said...

maaf baru mampir..
[ you know lah de' inetna lemood pisan jeh..]
met puasa ya ju9a..
smo9a ramadhan kali ini menjadi momentum untuk menjadi pribadi yan9 lebih baik dan lebih taqwa padaNYA..
dan semo9a kita bisa menraih itu semua termasuk mlm lailatul qadar aminn..

*fast reading ajah hehe

Saung Link said...

Hai sobat ..selamat menunaikan ibadah puasa semoga kita dapat barokah dari bulan suci ini btw makasih atas kunjungannya .. n gimana kalau sekalian aja tukar link

The Jungle Wisata Jelang Puasa said...

Posting yg sangat bagus sobat.. banyak hikmah yg dapat dipetik dg berpuasa ini .. sy bookmark dulu ah.. n ijin copas ya ??.. selamat berpuasa semoga ibadah kita disertai dengan penuh ketaqawaan dan keikhlasan

adedosol said...

@Wiend, moga2 aja wiend banyak berdoa dan beribadah ya..

@Saunglink, Saya dah nglink, silahkan linkback.mksh

@Saungweb, Mksh kunjungannya

Abi said...

Alhamdulillah ya Allah karena memberi kesempatan hamba-hambaMu ini untuk merasakan bulan Ramadhan tahun ini dan mudah2x an seterusnya merasakan :)

Post a Comment

Silahkan memberi komentar, saran, kritik atau masukan tentang artikel atau blog ini
Do not insert a link on comment box or you will be considered a spammer

 
Seo marketing © 2010 | Designed by Chica Blogger | Back to top