SEO Dinamis dan Beberapa Tips Menjadi Master SEO

Search engine optimization (SEO) bukan ilmu yang statis, sebaliknya bergerak dinamis dan bisa berubah-ubah setiap saat. Perubahan alogaritma Search Engine secara terus menerus, dan sepertinya menjadi rahasia yang sulit diungkapkan. Kita kadang tidak pernah tahu rancangan search engine/mesin pencarian, sepertinya benar-benar dibuat di tempat tersembunyi.Tapi bukan berarti SEO tidak bisa dipelajari, bahkan saya rasa mempelajari SEO itu hal yang mengasyikan dan menyenangkan.

Menurut Wikipedia, SEO atau dalam bahasa Indonesia "Optimasi Mesin Pencari" adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau alogaritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO jelas untuk menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian(SERP/Search engine results page) berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web atau blog yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.



Menjadi Ahli SEO memerlukan latihan yang lama dan bukanlah pekerjaan yang mudah. Seperti ilmu yang lainnya, kalau anda jarang berlatih dan mempraktekannya, keterampilan anda mungkin akan cepat berkurang dan hilang. Karena bisa saja yang anda pelajari tentang SEO sekarang belum tentu berlaku dimasa depan, Ingat bahwa SEO itu dinamis.

Diperlukan pengetahuan dan konsistensi untuk mempelajari SEO, karena selain rumit, anda juga mendapat banyak persaingan yang sengit. Jika sekarang blog anda berada diatas pesaing anda di halaman SERP jangan terlena dulu karena sedikit kesalahan saja dapat melemparkan website atau blog anda ke belakang atau hilang dari halaman pencarian yang pada akhirnya menggagalkan kerja keras anda selama berbulan-bulan.

Jika anda menekuni bisnis yang berhubungan dengan dunia internet, adalah sangat penting untuk mempelajari dan menerapkan metode SEO yang tepat. Jika punya uang lebih anda bisa menyewa perusahaan SEO untuk meningkatkan traffic dan menghasilkan pemasukkan(income).Atau dengan ketekunan anda bisa mempelajari sendiri dengan mencari artikel atau bahan yang berhubungan dengan SEO.

Selain mengoptimalkan konten blog atau web, anda juga bisa memepelajari tips SEO untuk menjaring traffic untuk mencapai keberhasilan bisnis anda. Jika anda ingin mengembangkan SEO, berikut adalah beberapa tips untuk anda:

1. Ciptakan beberapa(semakin banyak semakin bagus) Website atau blog sekaligus sebagai pendukung(dummy) Website utama dan kelola masing-masing secara terpisah setidaknya selama setahun.

2. Uji metode sampai anda memiliki beberapa teori yang tepat dan analisa semua hasilnya secara mendalam. Buatlah catatan khusus perubahan perilaku search engine serta kata kunci(keyword) dan deskripsi yang menarik pengunjung anda.

3. Pelajari cara untuk mengidentifikasi kata kunci(keyword) yang efektif. Gunakan kombinasi kata kunci apa yang mungkin potensial digunakan untuk menghindari rasa bosan atau untuk membuat penasaran para Web Surfers(netter).

4. Gunakan beberapa tool yang berbeda sampai anda menemukan satu yang bekerja dengan baik dan tepat.Seperti tool website submitter dan monitoring SEO, cobalah gunakan tool seperti WebCEO yang membantu menganalisa keyword, promosi dan monitoring Website.

5. Jangan terlalu puas setelah anda mencapai beberapa keberhasilan, konsisten menggunakan metode yang tepat dan lihat hasilnya beberapa waktu kedepan. Juga terus-menerus melatih dan meningkatkan keahlian anda sehingga usaha keras anda tidak sia-sia.

Jika anda mengikuti pelatihan khusus itu lebih baik lagi, karena mempelajari sesuatu dengan fokus dan konsentrasi akan cepat menguasainya. Yang paling penting teruslah berlatih, karena peringkat bagus di SERP(Search Engine result page) yang anda dapatkan sekarang belum tentu bertahan selamanya, karena begitu banyak pesaing anda yang mungkin dengan keyword yang sama terus menerus menginjeksi Mesin pencari demi mendapatkan hasil yang bagus juga di halaman pencarian.

Tips terakhir jangan lupa kunjungi terus blog Opelangi untuk belajar SEO bersama, dijamin tambah bingung hehe.... ... :D ,Semoga bermanfaat sampai jumpa.


7 komentar:

Septian said...

Bener banget, seo itu bersifat dinamis...tergantung dari algoritma nya om google yg sering berubah2...trik seo pun ada masa kadaluarsanya ;)

dj_altha@yahoo.co.id said...

Pertamaxx
Kunjung....
Wah,info yg menarik.Ternyata Om google bener2 kondusif.

Qori said...

Intinya bermain SEO

"PINTAR MERANGKAI KATA"

benar gak?

Hadi said...

Tip seo bs expired jg dung yach,

ceritaku tulisanku said...

makasih ya atas infonya tentang SEO
stop dreaming start action dalam meraih kemenangan

Game Hp said...

wow, keren banget nih, nampaknya seru.
coba ntar ah.
makasih info nya om ya.

setting internet nokia said...

iya bener, jangan terlena dulu kalau halaman page kita sementara ada diurutan pertama, karena sewaktu-waktu page view halaman kalah bersaing bisa jadi tidak di urutan pertama lagi :D

Post a Comment

Silahkan memberi komentar, saran, kritik atau masukan tentang artikel atau blog ini
Do not insert a link on comment box or you will be considered a spammer

 
Seo marketing © 2010 | Designed by Chica Blogger | Back to top