Setelah Pulau Jawa Kini Sumatra Barat diguncang Gempa 7,6 Skala Richter

Gempa mengguncang wilayah Sumatra Barat yaitu di kota Padang dan sekitarnya yang mengakibatkan korban tewas sudah lebih dari 500 jiwa, belum lagi korban luka-luka. Gempa dahsyat berkekuatan 7.6 skala richter mengguncang kota padang dan sekitarnya terjadi pada rabu sore 30 september 2009 sekitar pukul 5 sore dan menurut Badan Meteorologi pusat gempa berada di kedalaman 71 km.

Gempa skala 7,6 ricther memang cukup tinggi. Sebagai pembanding gempa di Tasikmalaya yang terjadi 4 September 2009, sekitar 7,3 skala ricther. Gempa di Tasikmalaya itu terasa hingga Jakarta. Dan gempa kali ini dirasakan hingga ke negara Singapura yang sempat membuat panik penghuni gedung-gedung tinggi di Singapura. Penghuni hotel dan perkantoran yang panik berhamburan ke luar gedung untuk menyelamatkan diri.

Sejauh ini korban tewas sudah lebih dari 500 jiwa yang kebanyakan tertimpa dan terkubur bersama bangunan yang runtuh saat terjadi gempa. Sekali lagi ini menjadi pelajaran bagi kita agar terus berfikir bagaimana meminimalisir korban jiwa akibat gempa, karena gempa tidak dapat diprediksi secara teknis. Salah kaprah kalau kita menyalahkan alam atau takdir karena semua tergantung usaha manusia agar belajar dari pengalaman.

Mungkin kita harus memikirkan konsep sebuah bangunan yang tahan gempa dan menjadi standar di daerah yang rawan gempa seperti yang diterapkan di Jepang. Karena bukan gempa yang membunuh manusia tapi ambruknya bangunan yang menimpa manusia dan akibat lain dari gempa.

Sekali lagi Indonesia berduka cita atas gempa yang melanda wilayah Sumatra Barat dan sekitarnya dan marilah kita ulurkan tangan membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana ini untuk meringankan beban mereka.

Mari bantu saudara-saudara kita, kepedulian kita untuk mereka agar kembali ceria.


1 komentar:

Sarimin said...

waspada gempa susulan di pulau jawa dan bali

Post a Comment

Silahkan memberi komentar, saran, kritik atau masukan tentang artikel atau blog ini
Do not insert a link on comment box or you will be considered a spammer

 
Seo marketing © 2010 | Designed by Chica Blogger | Back to top