Membangun Link Untuk Meningkatkan Peringkat Di Mesin Pencari

Kategorisasi keyword/katakunci dan konten yang baik adalah sebuah permulaan dalam tekhnik SEO. Banyak blog atau website yang memiliki ketekunan untuk membuat konten yang besar(great conten) dan menunggu orang lain untuk menemukan konten tersebut dengan semua strategi SEO. Meskipun memang konten adalah raja, tetapi hanya jika anda mempromosikannya.Tanpa klik link atau pencarian di search engine, bagaimana agar orang lain menemukan konten blog anda?.

Link yang relevan, seimbang dengan sumber yang dapat dipercaya pada halaman dengan keyword yang dioptimalkan memudahkan search engine seperti google untuk menemukan, mengindeks dan mengurutkan posting blog dalam hasil pencarian(SERP). Hal ini memungkinkan sebuah blog untuk mendapat peringkat yang baik di mata search engine.

Selain mengoptimalkan artikel blog, anda juga masih harus membangun link(link building) untuk meningkatkan peringkat yang bagus di mesin pencari. Membangun link dengan menyebar link blog ke banyak situs terutama situs yang memiliki peringkat bagus agar terbentuk link yang berkualitas(kuat) dan relevan(berhubungan dengan konten blog anda).

Untuk itu anda bisa memulai membangun link untuk menambah backlink. Cobalah mempertimbangkan beberapa tekhnik berikut ini:


1. Buat konten yang berhubungan(relevan) dan berharga. Buatlah konten yang berguna dan informasi yang berharga untuk orang lain. Carilah ide yang bagus dengan sesekali meluangkan waktu untuk melihat posting blog lain yang sudah bagus peringkatnya di hasil pencarian search engine, dan perhatikan struktur halaman , penempatan dan jumlah kata serta gaya penulisan.

2. Melakukan analisa backlink blog lain. Cari tahu siapa yang nglink ke blog yang peringkatnya bagus yang tidak terhubung dengan anda, bisa dengan bertanya ke pemilik blog. Meminta situs atau blog yang terhubung ke blog tersebut untuk nglink ke blog anda juga. Jika situs atau blog lain sudah nglink ke beberapa blog, ada kemungkinan mereka akan link ke blog anda juga.

3. Beri komentar berguna pada blog lain. Komentar harus selalu berguna bagi pemilik blog dan orang yang memberi komentar, dengan begitu ada kemungkinan blog anda dikunjungi oleh orang-orang yang memberi komentar diblog tersebut.

4. Submit artikel ke situs Sosial bookmark(SB) dan directory artikel. Masukkan artikel ke layanan SB seperti lintasberita, infogue, liputankhusus dan SB luar negeri seperti digg,Folkd, dll. Beberapa layanan sosial bookmark akan membuat salinan dari apa yang anda masukkan termasuk memberikan link kembali ke sumber asal artikel(blog anda).

5. Tukar link agar blog anda terdaftar di blog lain. Tidak ada salahnya untuk meminta blog lain menambahkan link anda sebagai bagian dari pertukaran link karena SEO berhubungan dengan backlink(walaupun tidak mutlak) yang artinya sebanding dengan berapa banyak link diluar sana yang menuju ke blog anda.

6. Submit blog ke direktori RSS Feed. Banyak direktori link tidak mengikuti link atau tidak memberikan kunjungan yang banyak ke blog, tetapi memasukkan feed blog ke RSS feed direktori dapat menjadi sinyal positif ke mesin pencari. Masukkan Feed anda ke direktori Feed seperti freefeedsdirectory.com atau feedage.com, anda bisa mencari di google dengan kata kunci RSS feed directory.

Masih banyak cara-cara lain untuk membangun link agar terbentuk jalinan link yang kuat dan berkualitas yang lebih disukai oleh search engine. Mungkin cara-cara diatas masih bisa dikembangkan lagi dan kalau anda ingin menambahkannya silahkan tinggalkan komentar.

Selamat berjuang semoga bermanfaat.


12 komentar:

Blog Blogger Gratis said...

Terima kasih sekali, terutama informasi tempat2 (situs2) berharganya itu lhoh

Anonymous said...

satu hal lagi, yang penting semangat membangun seo nya gak luntur...

saya banyak nemuin blogger yang kayak gitu...

Abi said...

Terima kasih Ade untuk informasinya terutama freefeedsdirectory.com baru tahu saya dan akan langsung submit feed kesitu biar makin berjibun backlink ke blog saya :D

MANGGIS said...

Info ini sangat berguna buatku yg baru bikin blog....

IHSAN said...

wah MANTAP bos

semakin banyak backlink (apalagi yg berkuaitas) maka semakin kuat posisi kita di SE (search engine)

Unknown said...

setubuh banget eh stuju,,membangun Link memang sangat membantu untuk Meningkatkan Peringkat Di Mesin Pencari
cakap mas ade dosol neh artikelnya...

Eri Ricaldo said...

Udah aku pake nich mas... trims diingetin

AllGoBlog said...

Sangat setuju, semakin banyak incoming link ke blog kita, maka semakin besar kemungkinan PR blog kita, Semakin tinggi Page Rank sebuah blog akan menentukan cepatnya bot search engine meng-craw blog kita atau dengan kata lain blog kita akan secepat ter-indek oleh situs search engine. samalam sukses buat sobat blogger (^_^)

Warung Bebas said...

Masnya jago SEO rupanya... terima kasih ya tipsnya...


Salam Kenal

Warung Bebas

albri said...

Seeepp....

SEO memang ayik, tapi bikin capek juga lama2

adeska said...

6 cara di atas harus saya terapkan nie. selama ini nulis posting mlulu, tanpa memperhatikan hal2 lainnya.
perlu kerja keras n cerdas nie... thanks mas Ade.

Lembaga Pelatihan said...

Infor yang menggiurkan dan sangat menarik... cuman gimana cara menganalisa backlink orang lain yah...!! Bingung..!! Ma'af gaptek..!!

Post a Comment

Silahkan memberi komentar, saran, kritik atau masukan tentang artikel atau blog ini
Do not insert a link on comment box or you will be considered a spammer

 
Seo marketing © 2010 | Designed by Chica Blogger | Back to top