Apa itu Social Media Optimization (SMO)?

Jika traffic pengunjung itu penting, maka hal pertama yang harus anda pelajari adalah SEO (search engine optimization) yaitu teknik mendatangkan visitor dari search engine. Namun saat ini Seo saja rasanya tidak akan cukup bila tanpa SMO atau Social media optimization. Apa itu Social media optimization?.


Social media optimization (SMO) adalah aktifitas dalam sosial media untuk menarik pengunjung ke konten website kita. Hampir sama dengan submit konten ke social bookmark cara yang biasa digunakan misalnya dengan membagi tautan didalam update status facebook, tweet lewat twitter. Social media terbukti ampuh untuk mengoptimalkan blog agar traffic naik walalupun bukan cara yang utama untuk menjaring pengunjung karena terbukti SEO (search engine optimization) masih menjadi kunci utama.

Meskipun begitu social media tidak dapat dipandang sebelah mata. Kalau anda bisa menggabungkan teknik SEO dan SMO hasilnya pasti akan luar biasa untuk blog. Social media dapat mendatangkan traffic dari jutaan pengguna situs jejaring social seperti facebook dan twitter walaupun sepertinya untuk membangun link (Link building) akan sulit sebagaimana situs web direktori dan social bookmark. Maka dari itu buatlah konten dan judul yang menarik lalu share ke facebook atau twitter sehingga membuat orang lain penasaran dan cenderung untuk mengunjungi konten anda.

Apalagi saat ini google juga sedang berkonsentrasi membangun social media baru dengan nama Google+ yang kabarnya dapat diintegrasikan dengan semua layanan google seperti gmail, blogger, flicker dan youtube. Mungkin suatu saat social media akan menjadi kunci utama untuk optimasi blog, dan Seo bisa jadi hanya sebagai alternatif saja.

Sebagai blogger sekaligus pengguna social media, anda pasti merasakan manfaat social media optimization ini, anda hanya perlu berteman dengan banyak orang lalu disanalah tempat berbagi tautan konten blog.

SMO ini merupakan salah satu metode online yang banyak dilakukan untuk optimasi web. Setidaknya jika saat ini blog dibanned atau dideindex oleh search engine seperti kasusnya domain co.cc, domain co.tv dan uni.cc yang dihapus dari pencarian google, anda masih bisa memanfaatkan social media untuk berbagi konten dan mendatangkan pengunjung ke blog.


6 komentar:

Castors said...

These information are great and it help in creating a awesome blog. I just follow all those steps and make a great blog.

kredit tanpa agunan said...

kalo semua optimal bakal rame pengunjung yang datang bahkan beli produk kita..tq share infonya

agen sbobet said...

benar juga sob kadang SMO dianggap remeh sebelah mata sekarang kan lagi musim SEO...

30 Ilmu Pelet mahabah pengasihan kirim mimpi basah said...

nyepam di sosmed masih terbatas pada friend list blm sbnyk nembak kata kunci melalui SEO, tp mungkin tekniknya bakalan terus berkembang yah

IMers said...

Social Media memang saat ini sangat besar pengaruhnya terutama Google Plus, jika demikian maka potensi besar sudah mulai tergali. mari kita bersama-sama belajar memanfaatkan hal ini

manchester united picture said...

rata rata pengunjung yg saya hasilkan 99% melalui twitter

Post a Comment

Silahkan memberi komentar, saran, kritik atau masukan tentang artikel atau blog ini
Do not insert a link on comment box or you will be considered a spammer

 
Seo marketing © 2010 | Designed by Chica Blogger | Back to top